semiotika pada benda dikehidupan sehari hari

Selamat siang atau malam semua haiiiiii haiiiii👋, 

Disini saya akan membahas tentang semiotika pada objek yang kita jumpai di kehidupan kita . Salah satunya adalah tas. Saya beri tahu penjelasan semiotika dahulu ya mungkin dari kalian ada yang belum mengetahui apa aitu semiotika istilah semiotika berasal dari kata yunani Semeion yang berarti tanda. Tanda itu sendiri didefinisikan sebagai suatu yang atas dasar konvensi sosial yang terbangun sebelumnya dapat dianggap mewakili sesuatu yang lain. Secara terminologis, semiotika dapat diidentifikasikan sebagai ilmu yang mempelajari sederetan luas objek-objek, peristiwa-peristiwa, seluruh kebudayaan sebagai tanda. Itu adalah penjelasan dari semiotika yang terdapat pada buku semiotika komunikasi yang ditulis oleh Indiawan seto wahyu Wibowo.



Seperti pada gambar diatas objek yang saya gunakan adalah tas ransel yang bermerek exsport yang berwarna merah muda, kegunaan tas ransel tersebut dalam kehidupan kita yaitu pastinya membawa barang bisa buku, laptop, baju kalau berpergian, atau membawa barang lainnya. Tas itu adalah pemberian dari seseorang yang sangat berarti di kehidupan saya seseorang itu adalah kakak saya. Tas itu diberikan oleh kakak saya sejak saya duduk dibangku SMP dan tas itu masih ada hingga sekarang awet bukan,, bahkan tas itu masih saya pakai dan tas itu tidak ada rusak sedikitpun.

Waktu zaman saya masih sekolah tas itu sudah pudar warnanya yang tadinya warna merah ke mudaan karena saya pakainya sudah lama jadi warnanya pudar jadi pink hampir ke putih karena sering terjemur dan sering saya pakai juga itu adalah satu satunya tas saya sukai pada waktu itu. Tetapi sewaktu saya masuk sekolah menengah kejuruan (SMK) tas itu diberi warna tekstil hingga warnanya Kembali seperti baru, yang tadinya warnanya sudah pudar dan warna itu Kembali lagi. Tas itu tidak pernah rusak putus atau robek robek biasanya saya kalau punya tas putus terus, tapi tas itu hanya berubah warna saja. Tas ransel tersebut tidak hanya membawa benda saja tetapi tas tersebut sudah menemani saya disegala situasi misalnya saya kehujanan tas itu juga ikut kehujanan. Bisa dibilang tas itu bisa menjadi teman saya hehe…

benda yang saya pakai sebagai contoh semiotika yaitu tas. sistem tanda (semiotik) menjadi  tiga unsur yang telah dimuat dalam teori segitiga yaitu tanda (sign), acuan tanda (object), dan penggunaan tanda (interpretant). Tanda merupakan sesuatu yang berbentuk fisik yang diterima oleh panca indra manusia dan dapat merepresentasikan hal lain di luar tanda itu sendiri. Tanda menurut Peirce terdiri dari simbol, ikon dan indeks. Sign yang terdapat dalam kehidupan sehari hari saya yaitu tas ransel export, jika saya memakai tas itu saya teringat akan kenangan yang ada didalamnya. Acuan dari tanda disebut objek. Objek ialah sesuatu yang menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang dirujuk tanda. Didalam kehidupan sehari hari saya objek tersebut adalah tas ransel. Kemudian interpretant merupakan konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan memberikan makna terhadap objek yang dirujuk sebuah tanda. Dalam kehidupan sehari hari interpretant yaitu membawa benda, mulai dari benda yang kecil hingga yang besar misalnya buku, tempat minum, tempat pensil, tempat makan dan makanan atau lainnya.

 

itu saja yang sudah saya jelaskan,, terima kasih semua.....😊😊

Komentar

Postingan Populer