abstrak penelitian hijab

Nama kelompok:

Siti Nurhalizahra (202146500753)

Rizky Novana Fitria (202146500723)


Kelas : R4i


Judul : Semiotika Hijab Bagi seorang muslimah 

Secara umum semiotika merupakan suatu kajian ilmu tentang mengkaji tanda. Dalam teori semiotika menganggap bahwa fenomena sosial pada masyarakat dan kebudayaan itu merupakan sebuah tanda, mempelajari sistem, aturan-aturan, dan konvensi yang memungkinkan tanda-tanda tersebut memiliki arti tersendiri. Sedangkan semiotika yang akan kami bahas adalah semiotika menurut Charles Sanders Peirce.

 Menurut Charles Sanders Peirce, semiotika didasarkan pada logika karena logika mempelajari bagaimana orang bernalar, kemudian menurut Peirc penalaran dapat dilakukan memulai tanda-tanda yang ada di sekitar.

 Contohnya Hijab. Hijab merupakan sesuatu hal yang begitu melekat pada seorang wanita muslimah. Dalam bahasa arab hijab berarti penghalang. Meski hijab lebih sering di artikan mengarah pada kata "jilbab" sebagai penutup aurat namun sebenarnya dalam ilmu islam hijab tidak terbatas pada menurut aurat saja, tetapi juga penampilan dan perilaku manusia setiap harinya (saatir atau fassil).

 Menggunakan hijab tidak semata-mata untuk menutup aurat saja, melainkat juga untuk menjaga pandangan seorang muslimah agar tetap berprilaku baik sesuai kaidah agama Islam. Maksud menjaga pandangan disini merupakan bagaimana wanita menjaga akhlaknya untuk tidak melakukan sesuatu yang di luar syariat agama Islam.

 Penggunaan hijab adalah symbol dalam islam yang menunjukkan Wanita yang saleh sebagai Wanita Muslimah. Dengan ketentuan syariat islam hijab berfungsi untuk menutup aurat namun pada saat ini hijab sudah modern hijab bukan hanya untuk menutup aurat tetapi juga hijab sebagai identitas diri dan style pada zaman sekarang ini.

Tujuan menggunakan hijab pada perempuan muslim untuk menutupi aurat yang tidak diperbolehkan dilihat selain oleh mahromnya. Selain itu Menggunakan hijab dapat menghindarkan rambut dan kulit kepala dari masalah yang diakibatkan oleh panasnya sinar matahari langsung. Allah memerintahkan kepada perempuan Muslimah memaiak hijab karena dapat menghindari berbagai fitnah.

Fungsi dari hijab yaitu mempercantik diri. Dalam penelitian ini hijab diggunakan tidak hanya untuk menutup aurat saja tetapi untuk memperindah diri dan akan terlihat modis sebagai perempuan muslim. Didalam jurnal yang akan dianalisis ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan memilih hijab sebagai objek untuk artikel ini untuk memberi tahu kepada khalayak apasih pentingnya menggunakan hijab bagi seorang perempuan Muslimah dan apa manfaat dari menggunakan hijab tersebut.

Kata kunci : Hijab, perempuan, islam


Komentar

Postingan Populer