Analisis jurnal semiotika FERDINAND DE SAUSSURE

 Jurnal 1 :    Analisis semiotika Ferdinand De Saussure makna pesan iklan rokok a mild versi langkah

objek :        Iklan rokok A Mild

Metode :     Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif

Analisis :     Iklan merupakan bagian dari komunikasi, karena pada dasarnya iklan merupakan proses penyampaian pesan, dimana berisi informasi tentang suatu produk maupun jasa. Memaknai sebuah pesan terkadang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Terkadang makna pesan dalam iklan dibuat sedemikian unik sebagai bentuk kreatifitas pembuatannya. Analisis iklan dapat dimaknai menggunakan teori dan metode semiotika. Dengan menganalisis iklan menggunakan semiotika, banyak pesan yang tersirat dalam iklan. Menganalisis makna pesan dalam iklan itu harus dikaji dalam semiotika, dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan semiotika Ferdinand De Sausures.

Kesimpulan : Penanda yang terdapat dalam iklan rokok A Mild versi langkah, adalah hasil dari apa yang kita lalui. Makna pesan yang terkandung dalam iklan Rokok A Mild Versi langkah adalah : 

a. A mild bertujuan untuk mewakili rokok pemula, pemuda, dewasa serta masyarakat luas, yang sesuai dengan gambar scene dalam iklan seperti langkah berat dan setiap scenenya diperakan oleh pemuda dan orang dewasa. 

b. A mild memiliki tingkatan Tar dan Nikotin lebih rendah dibandingkan rokok lainnya dan A mild mempunyai rasa menthol yang digemari banyak orang. Seseuai didalam gambar iklan yang menggambarkan langkah ringan dan langkah sendiri. 

 c. A mild dalam scene terakhir memberi pilihan Langkah apa kita selanjutnya, disini A mild menegaskan kepada konsumen bahwa langkah selanjutya pilihlah A mild walaupun menemukan berbagai produk rokok lainya, seperti didalam gambar seorang pria yang menemukan persimpanganjalan, lalu bertanya kemana langkah kita selanjutnya? Langkah selanjutnya pilih A mild. A mild menggambarkan bahwa A mild yang terbaik bagi pemuda dan kalangan dewasa.


Jurnal 2 : Analisis Desain Komunikasi Visual pada akun instagram @arielsyafrin berdasar kajian semiotika ferdinand de saussure 

Objek : Postingan Instagram pada akun @arielsyafrin 

Metode : Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kualitatif, dimana data yang diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya berupa data-data deskriptif berupa tulisan, gambar dan dokumen.

Analisis : Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis semiotika, di mana semiotika merupakan salah satu ilmu atau metode untuk menganalisis tanda. Analisis data ini untuk memberi arti makna dan nilai yang terkandung dalam tanda, baik verbal maupun visual.

Kesimpulan : Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap 10 poster dakwah digital pada akun Instagram @arielsyafrin pada periode Maret-Juli 2021 menggunakan analisis teori semiotika Ferdinand de Saussure maka penulis menarik kesimpulan bahwa dari elemen yang terdapat pada akun Instagram @arielsyafrin, antara elemen tipografi, ilustrasi, warna, tanda visual dan verbal saling berkaitan sehingga dapat memperoleh suatu makna. Tanda visual yang dimunculkan berupa gambar, warna maupun garis memiliki makna sesuai dengan konteks yang melatarbelakangi pesan yang ingin disampaikan dalam poster


Jurnal 3 : Analisis makna jilbab Pendekatan analisis ferdinand de saussure

Objek : Jilbab

Metode : kualitatif

Analisis : Pemakaian hijab oleh mahasiswi IAIN Ponorogo yang beraneka ragam untuk dikenakan dalam aktivitas sehari hari. 

Kesimpulan : Jilbab mempunyai ranah yang cukup luas dalam aspek kehidupan manusia. 


Objek desain yang saya sukai

sebuah karya yang saya sukai adalah karya nirmana dwimatra. pada komposisi warna membuat berbagai macam bentuk dan banyak lainnya, saya menyukai hal hal tersebut karena banyak yang saya pelajari saya dapat menambah pengetahuan tentang warna yang banyak didapat kemudian bisa ditambahkan lagi, dari warna sekunder, tersier, dan warna premier. Dari belajar nirmana ternyata masih banyak yang harus dipelajari. yang terlihat mudah belum tentu saat dikerjakan mudah dan yang terlihat sulit belum tentu sesulit itu. pada pengetahuan warna itu sebenarnya sangat dasar sehingga kita membuat karya karya selanjutnya yang berwarna.


Komentar

Postingan Populer